twitter

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

Pages

Minggu, 24 Mei 2015

Resep Baked Cheese Teriyaki Rice


Dari Acara Baking Demo – Tristar Institute Kaliwaron
“Sajian Lengkap Dalam Satu Wadah”

Satu lagi kreasi Chef Mickey dalam acara baking demo yang diselenggarakan oleh Tristar Institute Kaliwaron untuk mahasiswa yang patut disimak. Sajian kuliner yang unik yang dikemas dalam satu wadah. Dengan memadukan citarasa antara Asia dan Western, yaitu Baked Cheese Teriyaki Rice, makanan ini sangat menarik untuk dicoba. Seperti apakah itu ?

Menikmati sajian kuliner lengkap dan sarat akan nutrisi, saat ini bukanlah perkara yang sulit, ada nasi, lauk dan sayur. Jika kita kreatif, semua makanan ini bisa kita sajikan dengan tampilan lebih menarik dan siap saji. Seperti halnya fusion food yang mengkombinasikan bumbu maupun teknik memasak ala beberapa negara Asia dan Barat pastinya akan terdengar unik dan bikin penasaran
Chef Mickey melalui acara baking demo ini secara tidak langsung memperkenalkan ilmu kulinologi sebagai perpaduan antara ilmu seni kuliner dan teknologi pangan, sebagai dasar dalam pembuatan menu yang disuguhkan dihadapan para mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron yaitu Baked Cheese Teriyaki Rice. 
“Sajian lengkap ini jika diamati memadukan seni kuliner dari negara Jepang dan negara Barat seperti Amerika. Dalam satu wadah terdiri dari nasi goreng, terong bakar, ayam teriyaki dan taburan keju mozarella diatasnya sebagai pelengkap, lalu dipanggang sebentar” ungkap Chef yang pernah menempuh pendidikan di Tristar Institute Surabaya.
Makanan Baked Cheese Teriyaki Rice ini cukup praktis dan proses pembuatannya juga tidak terlalu ribet, sehingga cocok memudahkan siapa saja untuk mencobanya. Saking penasarannya dengan citarasa makanan ini, Chef Mickey mengajak mahasiswa untuk terjun langsung menyiapkan bahan sampai poses pembuatannya hingga menjadi matang. “Yang pasti memasak ini cukup seru dan menarik karena dari banyaknya masakan ini disajikan dalam satu wadah sehingga lebih praktis” ungkap Aryo dan teman-teman mahaswa Tristar Institute Kaliwaron.
Dengan adanya baking demo ini diharapkan mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron dari jurusan Pastry dan Kuliner mendapatkan banyak pembelajaran dan dapat memberi inovasi dalam produk makanan yang dibuatnya. Nah, Anda yang penasaran dengan pembuatan Baked Cheese Teriyaki Rice, berikut resepnya yang bisa Anda coba. *Upi

Baked Cheese Teriyaki Rice

Bahan (Nasi Goreng):
· 500 gram  Nasi putih
· 1 1/2 sendok makan  Filma margarine
· 40 gram  Bawang Bombay, cincang
· 10 gram  Bawang putih, cincang
· 5 gram  Jahe, cincang
· 2 sendok makan  Kecap Kikkoman
· 1 sendok makan  Minyak wijen
· 1 1/2 sendok teh  Kaldu bubuk
· Secukupnya  Garam & merica bubuk
Bahan (Terong bakar):
· 150 gram  Terong, potong tipis
· 10 gram  Kecap kikkoman   
· 10 gram  Filma margarine
Bahan (Ayam Teriyaki):
· 250 gram  Ayam fillet, potong-potong
· 35 gram  Bawang Bombay, cincang kasar
· 8 gram  Bawang putih, cincang kasar
· 10 gram  Kecap kikkoman
· 2 gram  Minyak wijen
· 10 gram  Jahe, potong tipis
Bahan Tumisan:
· 2 sendok makan  Filma margarine
· 1 sendok makan  Kaldu bubuk
· 200 ml  Air
· 1 sendok makan  Kecap Kikkoman
· 20 gram  Gula pasir
· Secukupnya  Garam & merica bubuk
· 1 sendok makan  Tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
Bahan Penutup:
· 50 gram  Keju mozarella, parut kasar
· 20 gram  Wijen

Cara Membuat:
1. Nasi Goreng:
- Tumis bawang putih, bawang Bombay dan jahe dengan Filma margarine hingga wangi, lalu masukkan nasi, aduk rata. Masukkan sisa bumbu yang lain, masak sambil diaduk hingga rata.
2. Terong Bakar:
- Oles masing-masing irisan terong dengan kecap, lalu tumis dengan filma margarine hingga setengah layu.
3. Ayam Teriyaki:
- Rendam ayam dalam bumbu marinasi selama 1 jam.
- Panaskan wajan, oles dengan filma margarine. Tumis ayam hingga bumbu tercampur rata dan berwarna kecokelatan. Masukkan kaldu bubuk, air, kecap dan gula, aduk hingga rata. bumbui dengan garam dan merica. terakhir tuang larutan maizena, aduk dan masak hingga kuah mengental.
4. Penyelesaian:
- Tuang nasi ke dalam wadah aluminium foil, lalu beri lapisan terong bakar.
- Tata ayam teriyaki diatasnya dan tuangi dengan sedikit kuah teriyaki.
- Terakhir beri keju mozarella parut diatasnya, dan taburi dengan wijen.
- Panggang dalam oven dengan suhu 190°C hingga keju leleh, angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar