twitter

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

Pages

Minggu, 24 Mei 2015

Mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron Sajikan Menu Buffet & Fine Dining




Menghadiri jamuan makan kini sudah menjadi acara yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Jamuan makan yang dilakukan biasanya menggunakan buffet service (prasmanan) ataupun fine dining. Mulai dari hidangan pembuka (appetizer), menu utama (main course) sampai penutup (dessert), dan menyantapnya dimeja makan yang sudah di set up piranti makannya. Nah, untuk menikmati rangkaian sajian tersebut perlu pengetahuan yang mendukung agar bisa dengan elegan mengikuti ritme jamuan.

Pemandangan kesibukan jamuan makan ini cukup menarik saat mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron  jurusan kuliner dan pastry membuat hidangan yang disajikan dengan konsep buffet dan fine dining.
“Acara ini sudah merupakan acara rutin yang selalu diagendakan sebulan dua kali, dengan materi mata kuliah sesuai jurusan kuliner dan pastry. Jadi selain bisa memasak dalam jumlah banyak dan melatih servis, mahasiswa juga harus memiliki dan menguasai etika makan yang baik dan benar, sehingga bisa memberikan nilai plus. Kita tahu bagaimana cara menggunakan peralatan makan yang benar dan memakan makanan yang benar pula. Tristar Intitute Kaliwaron kan mencetak mahasiswa-mahasiswa yang berpotensi, kalau cara makannya gak bener kan juga gak baik,” ujar Chef Hadi selaku dosen kuliner di Tristar Intitute Kaliwaron.

Bersama Chef Bagus Handoko dosen pengampu mata kuliah kuliner dan Chef Valent dari dosen pastry, mengajak mahasiswa untuk membuat beberapa sajian istimewa. Dari jurusan kuliner, mahasiswa membuat beberapa menu Asian yang menarik selain Indonesia, seperti dari sajian Rendang Kasturi dari India, Tempura dari Jepang, Kimchi Kiam Chye Soup dari Korea, Octopus in Philipines Sauce, Fish Curry dari Thailand dan Simigang Soup dari Vietnam.

Untuk jurusan pastry menyiapkan sajian appetizer dan dessert, dengan hidangan yang cukup memikat selera, ada Petit Pandan Vla Roll, Es Pudding Cocktail, Risol Mayo dan Es Sago Melon. Semua sajian ini diselesaikan mahasiswa dengan tepat waktu dan tampilan yang menarik.

Usai menyiapkan masakan, tiba saatnya mahasiswa menyulap salah satu ruangan di kampus menjadi bak restaurant mewah untuk  acara jamuan makan. Diawali dengan konsep menu buffet, lalu dihari berikutnya ruangan disetting dengan konsep menu fine dining yang dapat dinikmati oleh mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron.
 
Dengan adanya materi kuliah seperti ini, Chef Hadi mengharapkan mahasiswa bisa menyerap ilmu yang telah diberikan oleh para dosen pengajar dan mempraktekan dengan benar. Apalagi kalau diundang jamuan makan, kan juga bisa menjadi nilai plus bagi mereka ya biar tidak kikuk,” ungkapnya.

Anda ingin piawai seperti mereka, kampus Tristar Institute yang beada di Jalan Kaliwaron 58-60 Surabaya bisa menjadi tempat belajar kuliner & pastry dengan fasiitas laboratorium pastry dan kuliner sebagai tempat praktikum mahasiswa yang amat representative. *Upi




Kampus Tristar Culinary Institute, ada di:

Surabaya || Jl. Kaliwaron No. 58 - 60 Surabaya
(031) 8433224-5, 8480821-2, (031) 5999593
0812 3375 2227 ; 0812 3450 6326
Fax. (031) 8432050

BB Pin: 2A1CE131;27ECEFD1; 53B4EFD8
Email : tristarkuliner@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar